Nov 27, 2012

Ceramah tentang perusak "sakinah"

Beberapa hari yang lalu posting blog ceramah ini tentang penunjang keluarga sakinah sekarang mari kita deteksi yang merusak sakinah dalam rumah tangga, kita ketahui bersama bahwa menciptakan keluarga sakinah membutuhkan segala daya dan upaya, bukan sesuatu yang terberikan begitu saja, paling tidak 7 hal yang merusak sakinah dalam rumah tangga yaitu;

1. Akidah yang keliru, keluarga yang dibimbing ke-sakinah-annya melalui pedukunan, pelet atau gendam model apapun hanya akan merusak citra sakinah yang sebelum telah dicita-citakan bersama, oleh sebab itu hindarilah cara ini, lakukan apa yang menjadi syariat dengan penuh keyakinan dan berharap kepada sang maha pemberi sakinah yaitu Allah swt.

2. Makanan yang halal dan thoyyib, makanan yang hala akan menunjang keluarga yang sakinah, termasuk perluasan dari makna makanan adalah pakaian, kendaraan rumah perabotan dan segala kebutuhan yang setiap hari kita butuhkan. Biasanya makanan yang haram akan mendorong seseuatu yang haram juga.

3. Kemewahan, yah… kemewahan akan menuju kepada kehancuran mahligai rumah tangga, keluarga yang memiliki pola hidup mewah biasanya akan mudah terjerumus pada keserakahan, pada akhirnya akan menghancurkan mahligai sakinah di dalamnya. Bahkan suatu bangsa akan menuju kehancuran manakala penduduknya sudah mengarah hidup bermwah-mewahan (muthrofiin), Firman Allah:

وَإِذَا أَرَدْنَا أَنْ نُهْلِكَ قَرْيَةً أَمَرْنَا مُتْرَفِيهَا فَفَسَقُوا فِيهَا فَحَقَّ عَلَيْهَا الْقَوْلُ فَدَمَّرْنَاهَا تَدْمِيرًا.
Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menta`ati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. (QS:al-Isra':16)

4. Akhlak yang rendah, akhlak yang rendah akan menciptakan pergaulan keluarga yang rendahan pula, tidak saling menghargai, tidak saling melengkapi dan lain sebagaianya. Dalam keluarga sangat dibutuhkan menghargai sesama anggota keluarga. Isteri bukanlah pembantu tetapi isteri adalah pathner hidup harus diposisikan sebagai subyek interaktif, bukan obyek yang disuru-suruh.

5. Jauh dari agama, tak bisa dipungkiri, membina rumah tangga adalah tuntunan agama, agama telah mengatur berbagai macam adab dan sopan santun dalam keluarga, jika rambu rambu agama dijauhi maka sama halnya mendayung bahtera rumah tangga tanpa arah dan aturan yang jelas. Kondisi inilah yang akan merusak sakinah dalam keluarga.

6. pergaulan lain jenis secara vulgar. Pergaulan yang tidak membatasi diri dengan muhrm lainya disinyalir menjadi senjata ampun menyerang sakinah dalam berumah tangga. Pergaulan bebas tanpa membatasi diri degnan muhrim lain akan cenderung mengundang PIL atau WIL, jika hal ini terjadi maka rusaklah sakinah dalam rumah tangga

1 Komentar:

RM Habibb said...

ya. alamat perumahan patra swj blok BC 09 rt 025 rw 05 kel. gandus kec. gandus palembang sumsel

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya...apakah anda butuh kaos blogger??

 
Unduh dari newwpthemes | Editor by Pusat Khutbah -