Dec 13, 2010

Kematian Dini

Tema ini terlihat agak miring, karena kematian itu terjadi hanya sekali, sehingga mengatakan kematian dini itu berarti kematian yang terjadi dipercepat dari kematian yang sebenarnya. Tetapi penulis mempunyai maksud tersendiri dalam mengurai kematian yang dimaksud. Lawan kata dari mati adalah hidup karena itu untuk mengetahui makna mati harus terlebih dahulu kita mengetahui apa yang dimaksud dengan hidup itu sendiri.

Hidup atau hayat adalah sebuah aktifitas baik positif maupun megatif, aktifitas yang baik disebut dengan hayatan tayyibah sedangkan aktifitas yang jelek disebut dengan hayatan sayyiatan. Oleh karena makna hidup adalah beraktifitas maka orang yang secara jasadi hidup namun tidak beraktifitas, atau aktifitas tidak memberikan imbas kepada kebaikan orang lain maka, kematian seperti ini disebut dengan kematian dini.

Terlebih lagi jika secara jasadi hidup akan tetapi dalam aktifitasnya meresahkan dan membuat kesengsaraan terhadap orang lain maka aktifitas seperti ini tidak disebut mati lagi, jauh dari penyebutan tersebut yang cocok adalah bangkai busuk. Bangkai mempunyai sifat meresahkan bagi orang yang nelihatnya, atau meski tidak melihat tapi mencium bau busuk yang dikeluarkan oleh bangkai tersebut.

Karena itu perkataan : Be the person who is dead a life don’t make your life are like the dead, because the decay of the living that death is more troublesome than the dead animal reptile.
 
Unduh dari newwpthemes | Editor by Pusat Khutbah -